Masjid Al Hasanah, Pangururan, Ibadah di Pinggir Pantai #Danau Toba - Berita Pangururan

Home Top Ad

Post Top Ad

Selasa, 17 April 2018

Masjid Al Hasanah, Pangururan, Ibadah di Pinggir Pantai #Danau Toba

PANGURURAN ONLINE -- Masjid Al Hasanah di Pangururan, Samosir terletak di pinggir Danau Toba, berseberangan dengan jalan.

Menurut data (baca) Masjid ini terletak di Jl. Danau Toba Kel. Pasar Pangururan. Kegiatan yang dilaksanakan adalah pendidikan (TPA, Madrasah, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM)), Pengajian Rutin, Menyelenggarakan Dakwah Islam/Tabliq Akbar, Menyelenggarakan Kegiatan Hari Besar Islam, Menyelenggarakan Sholat Jumat, Menyelenggarakan Ibadah Sholat Fardhu dll.

sumber


Masjid ini juga menjadi tempat Majelis Ulama Indonesia (MUI) Samosir. Melihat dari kegiatannya, kompleks masjid ini dapat disebut sebagai Islamic Centernya Kabupaten Samosir.

Sayangnya tak ada situs atau blog mengenai kegiatan masjid. Padahal dokumentasi kegiatan dapat dianggap sebagai bagian dari dakwah bil hal juga.

Kunjungan JBMI di Masjid Al Hasanah

Organisasi Jamiyah Batak Muslim Indonesia (JBMI) diberbagai tempat, siap menjadi organisasi pemersatu dan sebagai sarana dalam dakwah me­nyampaikan amar maruf nahi munkar.

"JBMI dalam kehidupan berorgani­sasinya akan selalu bersinergi dengan pe­merintah ditiap tingkatan dalam rang­ka membangun keberagaman seba­gai pemersatu ummat," ujar ketua JBMI Sumut, H Aidan Nazwir Pang­gabean, pada saat pelantikan Pengurus JBMI Kota Pematangsiantar, kemarin.

Hadir pada acara tersebut, Ketua DPP JBMI Sumut Drs Albiner Sitom­pul, Pj Walikota Pematang­siantar, Drs Jumsadi Damanik, Kakandepag Siantar, Dewan Penasehat Survenof Si­rait dan unsur muspida lainnya. Selain fungsi agama dalam menja­lankan siar dakwah, JBMI Sumut juga melakukan fungsi sosial seperti me­lakukan kegiatan yang bernuansakan kesalehan sosial.

"Kita yakin Ketua JBMI Kota Pematangsiantar Drs Edwar Lingga yang baru dilantik atas kinerja dan komitmennya untuk kemajuan umat," ujar Aidan Nazwir Panggabean.



Pj Walikota Pematangsiantar, Jum­sadi Damanik pada sambutan menga­takan, kehadiran JBMI Kota Pema­tang­siantar sangat memberikan kontri­busi besar dalam pembangunan.

"Kita menyambut baik program- program yang dilakukan JBMI Kota Pematangsiantar," ujar Jumsadi Damanik. Ketua DPP JBMI Drs Albiner Sitom­pul menjelaskan, JBMI akan menjadikan kurban program tahunan. Sehingga frekuwnsi program ke daerah marginal semakin banyak.

"Kita mengharapkan program ini dapat didukung seluruh masyarakat", ujarnya.

Usai melakukan Pelantikan JBMI Sumut juga melakukan pemotongan hewan kurban di Masjid Al Hasanah Pangururan Samosir. Mereka juga mela­ksanakan salat Iduladha dengan Imam H Hasanuddin Sinaga MA imam masjid Istiqlal Jakarta.

Ke depan JBMI Sumut akan melakuan kegiatan Muharam di Kabupaten Karo. (sumber)

Tidak ada komentar:

Post Top Ad