BI dan BPODT Luncurkan Aplikasi Toba Smile - Berita Pangururan

Home Top Ad

Post Top Ad

Rabu, 21 November 2018

BI dan BPODT Luncurkan Aplikasi Toba Smile

ilustrasi
PANGURURAN ONLINE -- Bank Indonesia (BI) perwakilan Sumatera Utara (Sumut) bersama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) terus menggenjot pengembangan aplikasi pariwisata Danau Toba, "Toba Smile". Sebelumnya, kedua lembaga negara ini berkunjung ke Tuktuk, Kabupaten Samosir. Setelah itu, dalam rangkaian event “Goes to Campus", mereka pun ke Institut Teknologi (IT) DEL di Laguboti, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Jumat (16/11).

Kepala Departemen Regional I BI, Suhaedi, mengatakan, untuk mengembangkan pariwisata, tentu harus tersedia attraction (atraksi menarik), accessibilities (terkait infrastruktur), amenities (hal yang membuat nyaman), dan ancillaries (pendukung). Namun yang lebih penting adalah menyiarkan atau memberitahukan ke seluruh dunia tentang keindahan Danau Toba.

"Nah, Inilah yang perlu lebih kita siarkan melalui pelatihan aplikasi ini. Danau Toba adalah sebuah objek wisata yang membuat orang tersenyum. Jadi, ketika orang mendengar nama Toba, tahu kalau ini yang harus dikunjungi. Terutama wisman, misalnya, ada tekad harus ke Danau Toba,” sebutnya.

Di aplikasi Toba Smile tersaji semua yang berkaitan tentang Danau Toba. Mulai dari tempat objek wisata, kuliner, transportasi, guide, travel, event, galeri, hotel, homestay agrowisata, kalender wisata, dan event-event lainnya. Setiap wisatawan yang mau datang ke Danau Toba dengan mudah dapat mengakses dan mengetahui tentang Danau Toba.

"Selain itu juga aplikasi ini menjadi market place sosial wisata yang mempertemukan para wisatawan dengan pelaku usaha wisata Danau Toba melalui satu platform digital terpadu berbasis crowdsourcing," tukasnya.

Selain melakukan pelatihan dan pembinaan visualisasi, kedepannya BI juga akan melakukan beberapa kegiatan untuk mendukung apa yang dilakukan oleh BPODT. Antara lain pembentukan klaster holtikultur dan pembinaan terhadap produk-produk kerajinan tangan lokal mulai dari proses produksi hingga sampai kepada pemasaran.

Kepala Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT), Arie Prasetyo, berharap dengan adanya aplikasi ini, media dapat terus membantu dalam pengembangannya dan juga dalam rangka pembangunan dan Danau Toba.

"Sejak adanya aplikasi Toba Smile ini, posisi objek wisata Danau Toba di mesin pencarian google semakin membaik dari antara 10 destinasi wisata yang dikembangkan di Indonesia," pungkasnya. (sumber)

Tidak ada komentar:

Post Top Ad